Mengenal Peralatan Panahan

Adipras | 1:00:00 AM | 0 komentar


Archery Training Center
BUSUR PANAH
Busur panah yang sering digunakan terbuat dari fiberglass, karena lebih kuat dan mudah patah. Pada perlombaan busut panah yang digunakan terbuatr dari lapisan fiberglass dan kayu. Tidak ada ukuran resmi busur panah yang digunakan, namun beratnya tidak boleh lebih dari 14kg. Busur terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

Penampakan Busur Standart
1. Arrow Rest
Arrow rest adalah bagain sandaran panah, yang digunakan sebagai landasan panah, biasanya terbuat dari bahan plastik atau bulu.
2. Arrow Plate
Arrow plate adalah pelat panah, yaitu sepotong pelat tempat arrow rest menempel. Plat ini menempel pada bagian jendela busur. Pada jenis ronde panahan tradisional, arrow rest dan arrow plate tidak boleh digunakan.
3. Blow Handel
Blow handel adalah bagian pegangan busur yaitu bagian yang terdapat pada tengah busur. Bagian ini yang bekerja memberikan pantulan. Blow handel terdiri dari dahan bagian bawah. Busur buatan luar negeri biasnya bagian ujungnya melengkung atau agak melengkung dan dibuat dari fiberglass. Lengkungan pada busur mempengaruhi daya pantul yang kuat. Sedangkan pada busur tradisional dibuat dari bahan bambu dan tidak terdapat lengkungan.
4. Bow Notch
Bow notch adalah tekik busur tempat mata tali. Tekik pada busur harus memiliki kedalaman yang cukup. Agar mata tali busur bisa dengan kuat mengkait di dalamnya.
5. Bow Sling   
Bow sling adalah bandul busur, yang memiliki fungsi agar busur tidak terlempar atau jatuh sebelum panah dilepaskan.
6.Bow Sight (Visir)
Bow sight (visir) adalah alat untuk membidik, pada panahan tradisional alat ini tidak boleh digunakan.
7. Stabilizer
Stabilizer adalah alat yang digunakan untuk menekan gerataran yang muncul pada saat busur dilepaskan. Alat ini tidak wajib digunakan.
8. Tali busur (string)
Tali busur (string) panahan sebaiknya digunakan dengan bahan yang kuat, tahan lama dan tidak mudah menyusut atau mengembang. Tali busur memiliki fungsi sebagai pendorong atau pengumpul kekuatan yang dihasilkan oleh sabetan busur. Bahan tali panahan yang bagus dan cocok untuk panahan adalah tali yang dibuat dari bahan katun, dracon dan kevlar.

Mata busur terdiri dari beberapa bagian yaitu; mata tali busur adalah tempat untuk memasukkan tali busur, nocking pointadalah tempat anak panah ditempatkan dan berada sejajar pada sandaran panah, balutan tali (string serving) adalah bagian tengah tali busur dengan panjang 15 – 20 cm.

Category: , , , , , , , ,

Yayasan Bakti Ibu:
Hubungi Kami : JL. Kiyai Haji Thohir Gg. Sunan Kalijaga, Semarang, Indonesia Telp : 085641023867

0 komentar